Ayo Wirausaha !

Konsinyasi cara mudah memulai bisnis dari Rumah ?

Membuka usaha dari rumah sendiri bisa menjadi salah satu pilihan untuk memulai langkah pertama sebagai pengusaha. Kita ketahui banyak pengusaha sukses yang mengawali karirnya dari rumah. Dan banyak pula perusahaan besar yang awalnya dirintis dari rumah pendirinya.
Memiliki usaha dari rumah akan menghemat investasi pada tempat / lokasi. Karena tidak perlu menyewa dan tidak perlu membelinya. Kalaupun rumah kita masih ngontrak, rumah yang kita kontrak akan menjadi lebih produktif dan tidak sekadar ditempai untuk tidur semata.

Di era digital saat ini, peluang untuk membuka usaha dari rumah terbuka sangat lebar. Kita bisa membuka usaha penjualan barang maupun jasa lewat internet. Asal barang dan jasa yang kita jual banyak yang membutuhkan dan web site yang kita buat bisa menjangkau calon pembeli, maka peluang mendulang uang lewat internet sangat terbuka.
Tidak hanya bisnis melalui internet, bisnis tradisional atau konvensional-pun bisa dimulai dari rumah. Syukur-syukur rumah kita ada di tempat yang strategis, maka kita memiliki kesempatan besar untuk mendatangkan konsumen.
Tapi bagaimana kalau lokasi rumah kita tidak strategis? Saya kira peluang untuk memiliki dan mengatur usaha dari rumah tetap ada. Berikut ini saya ceritakan pengalaman saya selama berbinis dari rumah .

Dulu awal terjun dalam dunia usaha rumahan , saya memilih untuk berjualan baju . Kenapa baju saya pilih ? Pertama karena peluang yang ada saat itu ya baju terutama baju muslim anak-anak , Kedua..baju bukan barang yang mudah basi saya jual kapan saja bisa dan yang Ketiga ..baju merupakan barang kebutuhan pokok juga lho hehe .

Sebelum Internet se booming sekarang ,belum ada jejaring sosial dan belum ada komunitas bisnis yang menjamur di dunia maya , saya berjualan dengan sistem direct selling alias langsung ke pembeli entah di kantor , rumah atau ke teman-teman dekat . Setelah seiring berjalannya waktu saya pun ingin mengembangkan bisnis rumahan ini , akhirnya saya memutuskan menggunakan sistem KONSINYASI kepada teman-teman yang mau ikut berjualan barang dagangan. Sistem Kosinyasi ala saya begini : mereka membawa barang dagangan saya ,jika laku mereka membayarnya jika tidak laku mereka bisa mengembalikan ,mereka bisa membawa barang tersebut selama 1 bulan , jika ada sisa mereka kembalikan dan mereka membawa lagi model baju yang baru . Sempat beberapa teman heran dan bertanya “Memangnya kamu gak apa-apa barang kubawa lalu jika tidak laku kupulangin ?” ya namanya usaha patut dicoba bukan ?

Cara begitu Alhamdulillah lumayan efektif , dengan begitu saya mempunyai banyak toko tanpa saya menyewanya dan tanpa keluar biaya listrik dll, memperluas area pemasaran saya yang tentu saja artinya barang dagangan saya makin bisa masuk ke semua segmen selera dan satu lagi sistem konsinyasi ini merupakan roda terefektif dalam memutarkan barang dagangan saya ketika masa panen belum tiba .

Dari sisi pendapatan sistem konsinyasi lumayan kok untuk bisa memberikan uang jajan sekelas ibu rumah tangga macam saya . Saat ini saya memiliki 11 TOKO dengan sistem konsinyasi .Menarik bukan ?

Sistem konsinyasi tetap saya pertahankan dalam menjalankan usaha rumahan saya ini selain saya mengusahakan memperluas area pemasaran melalui Toko Online di dunia maya . Melalui Toko Online ini saya sekarang memiliki beberapa Agen Potensial dari wilayah di luar pulau jawa yaitu Kalimantan dan Sumatra, dimana sebelumnya saya tidak mengenal mereka sama sekali.

Ok sahabat ..Semangat Berwirausaha ya ^^

Kontributor : by Rinda-e24grosir.com

Leave a Reply

